9 Alasan Kenapa Orang yang Bangun Pagi Akan Lebih Sukses

9 Alasan Kenapa Orang yang Bangun Pagi Akan Lebih SuksesBangun jam berapa nih pagi ini? Hari gini masih males buat bangun pagi? Udah nggak minat buat jadi sukses?

Di dunia ini orang-orang sukses kebanyakan membiasakan diri buat bangun pagi, lho. Para CEO, pejabat negara, dan orang-orang berpengaruh lainnya akan terbiasa bangun pukul 5 — bahkan beberapa udah bangun sebelum jam itu. Nggak percaya? Orang-orang macam Steve Jobs, Jack Dorsey, Barack Obama hingga Gwyneth Paltrow adalah contohnya.

Lalu kira-kira apa sih hubungan antara bangun pagi sama kesuksesan? Dalam artikel ini Hipwee akan beberkan alasan-alasan kenapa orang yang biasa bangun pagi itu akan lebih sukses dibandingkan dengan mereka yang baru melek di jam makan siang. Yuk, langung simak aja deh alasan-alasan di bawah ini…

 

 

1. Bangun Lebih Pagi Membuat Pikiranmu Jernih dan Berenergi

 

Bangun pagi akan membuatmu lebih segar dan bersemangat karena kamu masih bisa menikmati kesejukan dan kesegaran suasana pagi. Bayangkan kalau kamu baru bangun jam 8 atau jam 9: polusi kendaraan bermotor udah merebut segarnya oksigen pagimu, masih ditambah dengan sinar matahari yang udah mulai panas. Boro-boro semangat! Yang ada kamu justru bad mood dan males buat menyambut hari.

Selain itu, bangun pagi akan memberimu waktu yang lebih untuk melakukan berbagai aktivitasmu, ‘kan?

Kamu bisa lebih santai dan bisa lebih teliti menyiapkan segala hal yang perlu kamu persiapkan, mulai dari pakaian kece yang akan kamu gunakan, barang-barang yang akan kamu bawa, bekal makan siang sehat dan irit yang bisa kamu bawa dari rumah hingga bisa menikmati perjalanan santai ke kantor tanpa perlu buru-buru seperti dikejar setan.

Hal-hal kecil tapi menyenangkan ini mana bisa kamu dapetin kalau kamu bangun siang?

 

2. Dengan Bangun Lebih Pagi, Kamu Tak Perlu Merasa Terburu-Buru

 

Tugas dan laporan ada yang nyelip dan ketinggalan di rumah? Pagi-pagi udah panen sumpah serapah gara-gara terjebak macet dan alhasil telat ngantor? Atau bad mood gara-gara hari ini semua terasa hectic, berantakan, dan nggak sesuai rencana hanya karena kamu bangun kesiangan?

Bangun kesiangan adalah perusak mood dan hal yang paling mudah untuk merusak harimu. Kamu merasa nggak siap untuk menjalani hari, buru-buru seolah dikejar hantu dan merasa tak cukup memiliki banyak waktu untuk melakukan beragam rencana dan aktivitasmu. Nggak ada lagi kata woles sehingga kamu nggak lagi santai menikmati kegiatan yang kamu lakukan.

 

3. Kamu Punya Waktu Lebih Untuk Menyelesaikan Tugas Personalmu

 

Pagi hari adalah waktunya untuk menyelesaikan tugas-tugas personalmu; tugas (atau kerjaan?) yang sudah pasti bikin alergi untuk dikerjakan setelah pulang kampus atau bekerja. Mencuci piring, mencuci pakaian, menyapu dan beres-beres kamar adalah contoh dari tugas personal yang bisa kamu selesaikan di pagi hari seandainya kamu bisa bangun pagi.

Males banget ‘kan, kalau pulang dari kampus atau kantor hanya untuk mendapati rumah berantakan, piring dan baju kotor menggunung dan menunggu untuk dibersihkan?

 

4. Bangun Pagi Memberimu Kepuasan Tersendiri

 

Secara psikologis, bangun pagi dan bisa menyelesaikan tugas personalmu akan memberi rasa puas tersendiri.

Kamu akan merasa lebih produktif dan lebih berguna sehingga kamu bisa berbangga pada dirimu sendiri. Nggak ada lagi deh yang namanya rasa minder dan nggak berguna! Bercermin dan pujilah dirimu karena telah menyelesaikan sesuatu, dirimu juga pantas mendapatkan sedikit pujian dan penghargaan, lho!

 

5. Bangun Pagi Memberimu Waktu yang Lebih Efisien

 

Cara bekerja atau berkegiatan yang paling efisien adalah dengan melakukannya selama 2 hingga 4 jam penuh, tanpa gangguan apapun. Nah, secara umum melakukan kegiatan di pagi hari itu akan lebih minim gangguan dari lingkungan sekitar; apa lagi otakmu juga masih segar.

Jika kamu bisa memaksimalkan pagi harimu, kamu bisa lebih cepat menuntaskan tugasmu. Di akhir hari, kamu pun akan punya jam kosong untuk bersantai dan melakukan apapun yang kamu sukai.

 

6. Pekerjaanmu Bisa Dikerjakan Lebih Cepat Dan Selesai Lebih Cepat

 

Bangun pagi dan tidur lebih cepat adalah salah satu cara yang bijak dan efisien untuk menjalani hidupmu. Apalagi saat kamu memiliki banyak kegiatan dan tanggung jawab yang harus kamu selesaikan. Bangun lebih pagi adalah salah satu cara efisien dan bijak agar harimu tidak kacau dan kegiatanmu berjalan dengan lancar.

Bangunlah lebih pagi, berhenti menunda, lakukan kegiatan yang harus dan yang bisa kamu lakukan saat itu, serta terkejutlah saat kamu menemukan waktu senggang untuk beristirahat atau untuk melakukan hobimu. Dengan membiasakan mengatur waktu dan kegiatanmu seperti ini harimu akan berjalan lebih lancar dan berjalan sesuai dengan rencanamu.

 

7. Dengan Bangun Lebih Awal, Kamu Bisa Punya Kesempatan Untuk Tidur Lebih Cepat

 

Begadang hingga larut malam untuk menyelesaikan tugas dan laporan adalah hal yang sebaiknya kamu hindari. Begadang memiliki banyak dampak buruk pada kesehatan dan daya pikirmu, lho! Penyakit jantung, stroke, diabetes, kegemukan, sering lupa dan konsentrasi menurun adalah akibat-akibat yang harus kamu tanggung jika kamu hobi begadang.

Karena itu bangun pagi dan beranjak tidur lebih cepat tentu akan lebih baik dan lebih sehat daripada kamu bangun siang, harus lembur dan begadang hingga larut, kan?

 

8. Kamu Bisa Merasakan Keindahan Pagi

 

Saat kamu bisa bangun pagi, banyak lho hal indah yang bisa kamu nikmati. Contohnya nih, kamu bisa nikmati segarnya udara dan indahnya mentari di kala sunrise. Pengalaman-pengalaman ini tentu jarang kamu dapati kalau kamu terbiasa untuk bangun siang. Pengalaman yang berbeda ini ada kalanya akan membuatmu menjadi kreatif dan memberimu beragam ide yang tak akan pernah terbayangkan sebelumnya.

 

9. Kamu Bisa Punya Waktu Untuk Melakukan Refleksi Sebelum Memulai Hari

 

Terkadang kita terlalu sibuk untuk mencoba menyenangkan orang lain dan melupakan diri kita sendiri. Kita sering terjebak dengan image yang kita bangun dan berpura-pura menjadi orang lain hanya agar bisa diterima oleh lingkungan kita.

Saat bangun pagi inilah, dimana orang-orang dan kehidupan di sekitarmu masih terlelap, yang mampu memberimu waktu untuk benar-benar menjadi dirimu, tanpa topeng, tanpa basa-basi, tanpa kepura-puraan apalagi pencitraan. Benar-benar menjadi dirimu sendiri akan bisa mendorongmu merefleksikan kehidupanmu. Tentang cita-citamu, tentang hubungan yang sedang kamu jalin, kesalahan-kesalahan yang telah kamu buat dan apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesalahanmu itu.

Sedikit merefleksikan kehidupanmu bukan berarti kamu galau, lho. Justru kamu akan lebih bisa mengenal dirimu sendiri — sehingga mencegah kegalauan dan memicu kebahagiaan dalam hidupmu.

 

Nah itu dia guys, 9 alasan mengapa orang yang bangun pagi itu akan lebih sukses dibandingkan dengan mereka yang bangun lebih siang. Selain karena mereka hidup positif, mereka juga berani bergerak mengambil kesempatan lebih dulu. Masih mau jadi orang sukses, ‘kan? Mulai biasakan bangun pagi mulai hari ini, dong! (Hipwee)

Dapatkan Update PsychoShare.com terbaru via Twitter, Follow Kami di: