Bahaya Kelamaan Tidur Bagi Kesehatan

Bahaya Kelamaan Tidur Bagi KesehatanTidur merupakan salah satu cara terbaik untuk melepas lelah selepas beraktivitas seharian. Namun tahukah anda jika kesehatan anda terancam jika tidur terlalu lama?

 

Kesibukan sehari-hari kerap membuat anda kurang tidur di hari kerja? Saat demikian tidak sedikit yang merasa akan ‘membayar’ waktu tidur yang belum tercukupi saat akhir pekan tiba. Amankah hal itu?

 

Para peneliti mendapati semakin banyak waktu yang anda habiskan untuk tidur, maka semakin cepat tubuh akan terurai. Meskipun tidak sedikit orang yang suka bermalas-malasan dan memilih bangun siang, ternyata memliki efek samping yang buruk bagi tubuh.

 

Selain membuat tubuh terasa lebih lesu, hal ini juga mempengaruhi kegiatan sehari-hari anda. Boldsky melansir beberapa gangguan kesehatan lain yang disebabkan terlalu banyak tidur, apa saja?

Resiko Diabetes
Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang tidur lebih dari 9 jam semalam meningkatkan risiko hingga 60 persen lebih tinggi mengidap diabetes.

Kehilangan Gaya Hidup Aktif
Dengan tidur berlebih, secara otomatis aktivitas anda akan berkurang. Sebagai akibatnya tubuh akan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk menghasilkan energi. Secara tidak langsung anda justru akan ‘menabung’ lemak dalam tubuh.

Meningkatkan Bobot
Menurut sebuah studi, orang yang terlalu banyak tidur beresiko lebih tinggi menghadapi peningkatan berat badan. Sekitar 21 persen resiko kelebihan berat badan akan mengancam mereka yang lebih suka tidur lebih dari 8 jam dalam satu malam.

Sering Sakit Kepala
Salah satu hal yang paling umum dan sering dijumpai akibat terlalu banyak tidur yakni rasa sakit di bagian kepala. Hal ini terjadi karena jaringan neutransmitter dalam otak tidak bekerja saat seseorang sedang terlelap.

Sakit Pinggang
Terlalu banyak tidur juga menyebabkan rasa sakit di bagian pinggang. Tapi untuk mengobati gangguan ini, anda tidak perlu berkonsultasi dengan physiotherapy namun cukup dengan cukup beristirahat.

Meningkatkan Depresi
Orang dengan terlalu banyak tidur lebih berpotensi depresi. Inilah alasan mengapa terlalu banyak tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kualitas Jantung Menurun
Efek samping utama jika seseorang terlalu banyak tidur yakni gangguna pada jantung. Studi menunjukkan waktu tidur berlebih beresiko tinggi menurunkan performa jantung dalam memompa daran, hingga menyebabkan seseorang menderita jantung koroner.

Mengawang-awang
Saat tidur terlalu lama, anda kerap merasa seperti mengawang-awang. Anda seakan merasa antara terbangun atau tertidur, sehingga sulit fokus dengan apa yang sedang dialami saat itu. (Ism) (Dream.co.id)

Dapatkan Update PsychoShare.com terbaru via Twitter, Follow Kami di: